Beranda » Tempat Wisata » 10 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Jawa Timur (Terbaru Tahun 2022)

Jawa Timur mempunyai banyak tempat untuk tujuan wisata. Ada tempat yang belum terkenal, seperti Gili Labak di Madura. Ada juga Gunung Bromo, Kawah Ijen yang merupakan tempat wisata hits dan Instagrammable. Anda dapat menemukan tempat ini saat berkunjung ke Malang, Lumajang, dan Banyuwangi.

 

Jika ingin liburan keluarga, Taman Safari Prigen dan Jatim Park 3 jadi pilihan pas. Anda bisa rekreasi sekaligus memberikan edukasi untuk si kecil. Nah, jika Anda berencana liburan ke Jawa Timur, bacalah referensi tempat wisata yang bagus serta harga tiket masuknya di artikel ini. Selamat membaca! Pembaharuan terakhir: 04 Juni 2022

 

10 rekomendasi wisata terbaik jawa timur

 

Jawa Timur menawarkan berbagai destinasi wisata yang lengkap dan menarik. Mulai dari wisata alam, wisata budaya, hingga kegiatan adventure bisa Anda lakukan saat berlibur ke Jawa Timur. Pilihan destinasi yang bisa Anda kunjungi juga bervariasi, seperti gunung, air terjun, kawah, padang savana, dan pantai.

Di samping kaya ragam destinasi, banyak tempat di Jawa Timur yang berudara sejuk dan bersuasana tenang. Tak heran jika banyak wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri berkunjung ke provinsi ini. Belum lagi, aneka kuliner tradisional khas yang enak, seperti rawon, pecel, bakso Malang, dan lainnya yang bisa Anda cicipi. Anda pun mendapatkan pengalaman yang menyenangkan saat liburan ke Jawa Timur.

 

Baca : Travel Surabaya Jember

 

Cara memilih tempat wisata di Jawa Timur

Kami akan membahas hal-hal yang perlu Anda perhatikan saat merencanakan liburan ke Jawa Timur. Hal ini dapat Anda lakukan agar making plans liburan Anda dapat berjalan lancar sesuai harapan. Maka dari itu, simaklah setiap poinnya dengan saksama, ya!

Tentukan destinasi berdasarkan jenis wisatanya

Anda bisa menentukan destinasi liburan berdasarkan jenis tempat wisata, pengalaman yang ditawarkan, dan dengan siapa Anda pergi. Pada poin ini, kami akan membahas jenis-jenis tempat wisata yang ada di Jawa Timur. Mari kita cari tahu lebih lanjut!

 

Wisata alam: Memanjakan mata Anda dengan beragam lanskap menawan

 

Ada banyak tempat wisata yang ditawarkan di Jawa Timur bila Anda rindu suasana alam untuk melepas penat. Tempat-tempat wisata alam di Jawa Timur ini memiliki keindahan pemandangan yang memukau. Dipadukan dengan suasana asri yang menenangkan, tempat ini cocok untuk refreshing.

Pilihan yang tersedia pun wisata jawa timur beragam, mulai dari gunung, kawah, air terjun, pantai, hingga padang savana. Tiap-tiap tempat wisata ini tentu akan memberikan pengalaman tersendiri untuk perjalanan Anda. Jika Anda ingin liburan ke tempat ini, pastikan kondisi fisik Anda dalam keadaan bugar. Pastikan juga Anda menggunakan regrettably kaki yang sesuai dan tidak membuang sampah sembarangan.

 

Wisata topic park: Bermain dan belajar bersama keluarga jadi makin asyik

 

Selain wisata alam, Jatim juga memiliki jatim park, seperti Taman Safari Prigen dan Jatim Park 3. Ini merupakan taman hiburan dan kebun binatang yang cocok untuk liburan keluarga. Di Taman Safari Prigen Anda bisa liburan sekaligus mengenalkan aneka satwa ke anak Anda.

Sementara itu, Jatim Park 3 memiliki beragam wahana, seperti Museum Musik Dunia, Milenial Glow Garden, Dino Park, dan sebagainya. Tempat ini biasanya memiliki spot-spot yang Instagrammable. Karena memiliki banyak pilihan wahana di satu vicinity, Anda bisa memangkas waktu perjalanan sehingga tidak membuang banyak energi.

 

Wisata budaya: Belajar mengenal budaya di kelas membatik

 

Di Jawa Timur juga ada kelas membatik, lho. Jika Anda senang belajar budaya, Anda bisa mengikuti kelas membatik. Di sini Anda akan belajar membatik dari perajin batik profesional. Anda juga dapat bertanya-tanya pola-pola batik yang ada di Jawa Timur serta nilai yang ditanamkan melalui batik tersebut. Tidak hanya liburan, Anda mendapatkan nilai baru dari budaya di tempat yang Anda kunjungi.

 

Wisata ekstrem: Memacu adrenalin jadi kesenangan tersendiri

 

Untuk Anda yang menginginkan aktivitas menantang yang menguras energi, bisa mengunjungi tempat wisata ekstrem di Jawa Timur. Ada berapa pilihan yang tersedia, seperti hiking menuju Air Terjun Tumpak Sewu atau hiking di Kawah Ijen dan Gunung Bromo. Jika ingin melihat keindahan bawah laut, Anda bisa pergi snorkeling di Pulau Menjangan dan Tabuhan.

Ketika Anda hendak mengikuti aktivitas-aktivitas tersebut, siapkan fisik yang bugar. Pastikan juga Anda membawa perlengkapan yang memadai. Apabila Anda melakukan hiking, bawalah jaket tebal, penutup kepala, dan sarung tangan agar tidak kedinginan. Saat snorkeling, siapkan sepatu katak, penutup wajah, dan cerobong udara. Jika tidak memiliki perlengkapan tersebut, Anda bisa menyewanya.

 

Pertimbangkan jarak, waktu, serta transportasi yang dibutuhkan ke tempat wisata

Sebelum berkunjung ke Jawa Timur, susunlah dahulu rencana perjalanan Anda. Hal-hal yang perlu Anda ketahui, seperti lokasi, jarak antar tempat wisata, estimasi waktu, serta moda transportasi yang digunakan.

 

Semua hal tersebut bisa Anda elaborasi dengan lama rencana Anda liburan serta jenis kegiatan yang hendak dilakukan. Dengan begitu, liburan Anda ke Jawa Timur akan menghasilkan pengalaman yang seru dan menyenangkan.

Jika ingin praktis, pilih paket excursion yang disediakan

 

Ada beberapa tempat wisata di Jawa Timur yang mengharuskan Anda menggunakan kendaraan pribadi. Hal ini tentu akan menyulitkan Anda yang berasal dari luar Jawa Timur. Anda bisa menyewa kendaraan pribadi, tetapi tidak mengetahui rute, kondisi jalan, serta estimasi perjalanan yang dibutuhkan. Jika Anda tidak ingin direpotkan dengan hal-hal tersebut, pertimbangkanlah menggunakan jasa tur.

 

Apabila menggunakan layanan tur, jangan lupa mengecek itinerary yang ditawarkan, tempat berkumpul, tempat yang akan dikunjungi, akomodasi, serta lamanya wisata tersebut. Saat ini ada dua version tur yakni open trip dan non-public excursion. Bagi Anda yang ingin mengenal teman-teman baru, Anda bisa memilih open ride. Sebaliknya, jika Anda kurang suka bertemu orang baru, pilihlah layanan private excursion.

 

Jangan lupa mengecek ulasan agar kunjungan ke destinasi sesuai ekspektasi

Agar tidak mendapatkan pengalaman yang kurang menyenangkan, ada baiknya Anda melakukan riset yang lebih mendalam. Anda bisa mencari tahu informasi dan ulasan di internet mengenai tempat destinasi dari orang-orang yang pernah berkunjung. Pasalnya, sekarang ini ada banyak tempat dengan foto yang terlihat sangat bagus ternyata hasil editan.

 

Biasanya, Anda bisa menemukan overview ini di Google Maps maupun kolom komentar di YouTube, Instagram, Twitter, dan TikTok. Dengan begitu, Anda tidak menyesal karena tempat yang Anda kunjungi berbeda dari ekspektasi Anda. Cek juga update terbaru tempat tersebut, seperti tiket masuk, jam buka, syarat berkunjung, dan protokol kesehatan yang berlaku.

 

10 Rekomendasi tempat wisata di Jawa Timur

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh tempat wisata terbaik di Jawa Timur yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Rekomendasi ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan evaluate pengunjung. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di situs Klook.

 

10 Lokasi: Malang | Jenis wisata: Wisata budaya | Tour✔︎ (Private excursion)

9 Lokasi: Pacitan | Jenis wisata: Wisata alam | Tour✔︎ (Private tour)

8 Lokasi: Lumajang | Jenis wisata: Wisata alam, wisata ekstrem | Tour Jam buka–tutup: 07.00–15.00

7 Lokasi: Sumenep, Madura | Jenis wisata: Wisata alam | Tour✔︎ (Private tour)

6  Lokasi: Situbondo | Jenis wisata: Wisata alam | Tour✔︎ (Open trip) Jam buka–tutup07.30–16:00

5 Lokasi: Banyuwangi | Jenis wisata: Wisata alam, wisata ekstrem | Tour✔︎ (Open journey)

4 Lokasi Malang | Jenis wisata: Jatim park | Tour×Jam buka–tutup: 11.00–21.00

3 Lokasi: Pasuruan | Jenis wisata: Jatim park | Tour×Jam buka–tutup: 08.30–18.00

2 Lokasi: Banyuwangi | Jenis wisata: Wisata alam, wisata ekstrem | Tour✔︎ (Open trip dan personal tour) | Jam buka–tutup 03.00–12.00

1 Lokasi: Lumajang | Jenis wisata: Wisata alam, wisata ekstrem | Tour✔︎ (Private tour) Jam buka–tutup: 24 jam (Bromo), 07.00–16.00 (Madakaripura)

 

Tabel perbandingan tempat wisata terbaik di Jawa Timur.

Jika ada list wisata yang kalian miliki, bisa tulis di komentar.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.