Beranda » JFC » Jember Fashion Carnaval / The World Fashion Carnival 2022

Sejarah JFC

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

SEJARAH JFC

Dimulai dari ada aktivitas Tatap muka Keluarga Besar (PKB) H.Tirto Soetowo (orangtua dari Dynand Fariz, anak ke 8 dari 11 bersaudara) yang teratur diadakan bertepatan dengan peristiwa lebaran. Beberapa acara di siapkan diantaranya lomba pidato, lomba adzan, khotbah, puisi, narasi lucu dan pucuk acara ialah aktivitas karnaval keluarga besar.

Dalam perubahannya Tatap muka Keluarga Besar ini atas inisiasi dari Dynand Fariz bersama dengan kakak pertama, Suyanto, dibangunlah Dynand Fariz Fashion House di tahun 1997.

Jadwal Tahunan yang diadakan di Dynand Fariz Fashion House diantaranya ialah Dynand Fariz Fashion Week, di antara bulan Juli-Agustus, di mana semua pegawai dalam sepanjang minggu itu kenakan pakaian sama sesuai topik yang jadi tren model dunia. Hal ini berkaitan erat dengan kehadiran Dynand Fariz sebagai teacher di Sekolah Model ESMOD Jakarta.

Di tahun 2002 di ajang Dynand Fariz Fashion Week datang ide untuk berparade di tempat sekitaran Dynand Fariz Fashion House dituruti oleh semua pegawai.

Dari aktivitas parade di atas pada akhirnya tercipta ide besar untuk melangsungkan sebuah moment yang bisa jadi tempat untuk angkatan muda untuk meggali kekuatan mereka lewat satu aktivitas sosial penuh pembelajaran yaitu Jember Fashion Carnaval.

Sesudah lewat perjuangan yang berat Jember Fashion Carnaval (JFC) yang ke 1 diadakan di tanggal 1 Januari 2003.

 

Jember Fashion Carnaval

Jember Fashion Carnaval

Jember Fashion Carnaval (Indonesia: Karnaval Baju Jember) atau kerap disebutkan JFC ialah sebuah even karnaval baju yang tiap tahun diadakan di Kabupaten Jember, Jawa Timur. Karnaval ini digagas oleh Dynand Fariz yang pendiri JFC Center.

Sekitar 2.000-an peserta berkarnaval dalam 4 hari penyelenggaraan moment mencakup Kids Carnival, Artwear Carnival, Waci, dan Grand Carnival. Di jalan khusus kota Jember dilihat oleh beberapa ratus ribu pemirsa di kiri jalan dan kanan. Mereka terdiri dari 10 defile yang masing-masing defile menggambarkan trend baju di tahun yang bersangkutan.

Defile pertama ialah defile Archipelago yang mengusung topik baju nasional dari wilayah tertentu secara periodik seperti Jawa, Bali, Madura, Dayak, Papua, S selanjutnya, dan umatra. Defile yang lain mengusung topik Fashion yang tren apa dari satu negara, barisan tertentu, film, peristiwa atau kejadian global lainnya. Semua baju dibikin berbentuk baju yang keseluruhnya dikompetisikan untuk raih penghargaan-penghargaan.

Tempat yang dipakai untuk melangsungkan JFC ialah jalan khusus Kota Jember sejauh 3,6 kilometer.

 

Jadwal JFC

Jadwal dan Rangkaian Acara Jember Fashion Carnaval 2022 The Legacy Usung Tema Second Decade

Sesudah vakum 2 tahun karena wabah Covid-19, ajang Jember Fashion Carnaval (JFC) akan balik diadakan secara terbuka di Kabupaten Jember, Jawa Timur. Tahun 2022, ajang JFC bertema ‘World Class Street Fashion Carnival’ akan digelar pada Sabtu (6/8/2022) dan Minggu (7/8/2022). Pucuk karnaval atau dapat disebutkan ‘grand carnival’ akan diadakan Minggu (7/8/2022) malam, start pukul 19.00 WIB.

Diambil dari jemberfashioncarnaval.com, JFC yang telah masuk tahun ke-20 mengangkat topik besar, Second Decade. Dengan tema-tema unik yang merepresentasikan keagungan beberapa suku bangsa.

Yaitu Madurese, Betawi, Mahabharata, Majapahit, Garuda, Sriwijaya, Kujang, Aztec, Sasando dan Poseidon. Disamping itu diadakan Pets Carnival, Wonderfull Artchipelago Carnival Indonesia (WACI) dan Artwear Carnival (Fashion Art).

Pets Carnival dan Wonderfull Artchipelago Carnival Indonesia (WACI) akan diadakan pada Sabtu (6/8/2022) jam 13.00 WIB – 17.00 WIB dengan jalur Jalan Sudirman – Sultan Agung – Jalan Gajah Mada – KCM, Jember. Sementara Artwear Carnival (Fashion Art) diadakan pada Sabtu (6/8/2022) jam 19.00 WIB – 22.00 WIB dengan jalur Jalan Sudirman – Jalan Sultan Agung – Jalan Gajah Mada – Lippo Mall.

Pada Minggu (7/8/2022) akan diadakan World Kids Carnival (WKC) pada jam 10.00 WIB – 12.00 WIB dengan jalur Jalan Sudirman – Jalan Kartini – Jalan PB Sudirman – Jalan A Yani (samping kantor Pemkab). Untuk pucuk JFC yaitu Grand Carnival of Jember Fashion Carnival akan diadakan pada Minggu (7/8/2022) jam 19.00 WIB – 22.00 WIB.

Jalur yang dilalui ialah Jalan Sudirman – Jalan Sultan Agung – Jalan Gajah Mada – Gedung Serbaguna GOR Kaliwates. Dari account sosial media sah Jember Fashion Carnaval, aktivitas itu akan didatangi oleh Adinda Cresheila, Putri Indonesia Pariwisata 2022 sekalian Juara Runner Up 3 Miss Supranational 2022.

Dilansir dari Tribun Travel, berikut ini adalah rincian jadwal selengkapnya gelaran Jember Fashion Carnaval 2022.

Sabtu, 6 Agustus 2022

1. Pets Carnival Salah satu rangkaian JFC 2022 yang menarik adalah karnaval hewan peliharaan pertama di dunia yang memamerkan berbagai jenis hewan setiap tahunnya. Parade ini merupakan bentuk kerjasama antara pihak JFC dengan beberapa komunitas seperti kalangan pecinta hewan, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSD) dan PDHI (Persatuan Dokter Hewan Indonesia).

2. Wonderful Artchipelago Carnival Indonesia (WACI) Wonderful Artchipelago Carnival Indonesia (WACI) adalah sebuah karnaval yang digagas oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Kemenparekraf bekerjasama dengan JFC akan menyajikan penampilan karnaval spektakuler yang diikuti oleh berbagai perwakilan daerah untuk mempersatukan budaya Indonesia.

3. Artwear Carnival (Fashion Art) Artwear Carnival adalah sesi pertunjukan fesyen tematik yang dibuat oleh para desainer, komunitas, dan brand yang dibalut menjadi satu dengan detail bermotif karnaval. Artwear Carnival (Fashion Art) rencananya akan berlangsung dengan rute Jl Sudarman – Jl Sultan Agung, Gajah Mada – Lippo Mall.

Minggu, 7 Agustus 2022

1. World Kids Carnival World Kids Carnival adalah pertunjukan fesyen tematik untuk anak yang dibuat oleh para desainer, komunitas, dan brand yang dibalut menjadi satu dengan detail bermotif karnaval. World Kids Carnival rencananya akan berlangsung dengan dengan rute Jl Sudarman – Jl Kartini – Jl PB Sudirman – Jl A Yani (samping Kantor Pemkab).

2. Grand Carnival of JFC 2022 Grand Carnival adalah parade kostum karnaval spektakuler yang menjadi acara inti dari JFC 2022. Penampilan karnaval tersebut dibuat oleh seluruh kreativitas dan imajinasi dan akan ditampilkan melalui koreografi menarik dengan rute Jl Sudarman – Jl Sultan Agung – Jl Gajah Mada – KCM.

 

Tema JFC 2022

Jadwal dan Harga Tiket Jember Fashion Carnaval 2022 Tanggal 6-7 Agustus, Ajang Berkelas Internasional - Klik Bondowoso

Berikut adalah daftar tema yang akan dipertunjukkan pada Grand Carnival JFC 2022

1. Defile Madurese

2. Defile Mahabharata

3. Defile Betawi

4. Defile Majapahit

5. Defile Garuda

6. Defile Sriwijaya

7. Defile Kujang

8. Defile Aztecs

9. Defile Sasando

10. Defile Poseidon

 

Harga dan Cara Beli Tiket JFC 2022
Harga tiket Jember Fashion Carnaval 2022 dan cara pemesanan.

Panitia JFC 2022 juga sudah merilis harga tiket yang sudah bisa dibeli secara online sejak Selasa (15/6/2022).

Daftar harga tiket Jember Fashion Carnaval 2022 adalah sebagai berikut:

  1. WACI dan Pet Carnival: Rp 50.000
  2. Artwear Carnival: Rp 50.000
  3. World Kids Carnival: Rp 50.000
  4. Grand Carnaval Gold: Rp 250.000
  5. Grand Carnaval Platinum: Rp 500.000

Pembelian atau Pemesanan Tiket JFC 2022 dilakukan secara online dengan langkah berikut:

  1. Kunjungi laman web www.ticket.jfcglobalindonesia.com
  2. Mendaftar akun terlebih dahulu dengan mengisi form identitas Login menggunakan email dan password
  3. Pilih kategori tiket yang ingin diinginkan, lalu klik fitur ‘Beli’
  4. Masukkan jumlah tiket yang ingin dibeli, khusus untuk badan usaha, tiket kolektif minimal pembelian 10 tiket
  5. Isi data diri yang meliputi nama, no HP, jenis kelamin, dan email (jika ada)
  6. Pastikan untuk membaca syarat dan ketentuan lalu klik ‘setuju’ Klik ‘Beli Tiket.

 

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

87 komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.