Beranda » Makanan » Rekomendasi Makanan Khas Daerah Tulungagung

Tulungagung merupakan salah satu kota kecil di Jawa Timur yang terkenal dengan kekayaan kuliner khas daerahnya. Kota ini menyajikan berbagai macam hidangan yang lezat dan unik yang sulit untuk ditemukan di tempat lain. Berikut adalah beberapa makanan khas daerah Tulungagung yang wajib dicoba.

Ayam Lodho - Makanan Khas Tulungagung

Berikut adalah 30 makanan khas daerah Tulungagung yang patut dicoba:

  1. Sate Kerang
  2. Lontong Kikil
  3. Soto Tulungagung
  4. Nasi Pecel
  5. Tahu Tek
  6. Jangan Cukur
  7. Rawon Setan
  8. Tahu Campur
  9. Bakso Tulungagung
  10. Nasi Liwet Mbok Darmi
  11. Sate Kelopo
  12. Sate Ayam Tulungagung
  13. Sate Sapi Tulungagung
  14. Sate Udang Tulungagung
  15. Sate Tahu Tulungagung
  16. Gado-gado Tulungagung
  17. Pecel Madiun Tulungagung
  18. Nasi Krawu Tulungagung
  19. Lontong Mie
  20. Mie Kopyok Tulungagung
  21. Soto Mie Tulungagung
  22. Sego Sambel Gurih
  23. Ayam Goreng Mbok Ndoro
  24. Es Kelapa Muda
  25. Es Dawet Tulungagung
  26. Sego Sambel Krecek
  27. Sego Sambel Telor Dadar
  28. Nasi Campur Tulungagung
  29. Nasi Gudeg Tulungagung
  30. Sego Sambel Teri Medan.

Semua makanan di atas merupakan hidangan khas yang dapat ditemukan di Tulungagung dan sekitarnya. Setiap hidangan memiliki cita rasa yang khas dan unik, sehingga wajib dicoba bagi para wisatawan yang ingin merasakan pengalaman kuliner yang berbeda.

Nasi Pecel

Nasi Pecel adalah hidangan khas daerah Tulungagung yang terdiri dari nasi yang disajikan dengan sayuran mentah seperti kacang panjang, kecipir, dan daun singkong yang direbus. Hidangan ini kemudian dituangi dengan bumbu kacang yang lezat dan ditambahkan dengan emping, tahu goreng, dan tempe goreng sebagai pelengkapnya.

Nasi Tumpang

Nasi Tumpang adalah hidangan nasi yang unik dari Tulungagung. Hidangan ini terdiri dari nasi yang dimasukkan dalam daun pisang dan kemudian diisi dengan lapisan telur, ayam, dan sayuran seperti tauge dan wortel. Hidangan ini biasanya disajikan di pagi hari sebagai sarapan atau sebagai bekal makan siang.

Soto Tulungagung

Soto Tulungagung adalah hidangan sup ayam yang khas dari daerah Tulungagung. Sup ini disajikan dengan nasi, potongan ayam yang empuk, dan sayuran seperti kol dan daun bawang. Hidangan ini memiliki kuah yang gurih dan aromatik yang disebabkan oleh bumbu rempah-rempah khas Jawa Timur.

Rujak Uleg

Rujak Uleg adalah hidangan salad buah yang populer di Tulungagung. Hidangan ini terdiri dari buah-buahan seperti mangga, jambu, dan nanas yang dicampur dengan bumbu rujak yang terbuat dari gula merah, cabai, dan petis. Rujak Uleg memiliki rasa yang manis, pedas, dan sedikit asam yang menyegarkan.

Sate Kambing Tulungagung

Sate Kambing Tulungagung adalah hidangan sate khas daerah Tulungagung yang terkenal. Sate ini terbuat dari daging kambing yang dipotong kecil-kecil dan ditusuk di atas tusuk sate. Daging kambing kemudian dibakar dengan arang dan disajikan dengan bumbu kacang yang lezat dan nasi.

Travel Jember

Sego Sambel Kemangi

Sego Sambel Kemangi adalah hidangan nasi yang disajikan dengan sambal kemangi khas Tulungagung. Sambal kemangi ini terbuat dari kemangi, cabai, dan bawang yang dihaluskan dan dicampur dengan air jeruk nipis. Hidangan ini biasanya disajikan dengan ikan goreng dan lalapan.

Itulah beberapa makanan khas daerah Tulungagung yang wajib dicoba. Selain hidangan-hidangan di atas, ada juga beberapa hidangan lain seperti Bakso Kluntung, Sate Kelopo, dan Es Serut yang tidak kalah lezatnya. Jangan lupa untuk mencicipi makanan-makanan khas daerah Tulungagung ini jika berkunjung ke daerah ini. Selain itu, keunikan dari makanan-makanan khas daerah ini juga dapat menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk mengunjungi Tulungagung.

Tidak hanya rasanya yang lezat, makanan khas daerah Tulungagung juga memiliki nilai historis dan budaya yang tinggi. Beberapa makanan khas daerah ini memiliki cerita atau legenda yang melatarbelakangi asal-usul hidangan tersebut. Misalnya, Soto Tulungagung yang memiliki sejarah yang panjang sebagai hidangan favorit keluarga kerajaan Tulungagung pada masa lalu.

Selain itu, makanan khas daerah juga menjadi bagian dari budaya dan kebiasaan masyarakat setempat. Masyarakat Tulungagung memiliki tradisi menyajikan hidangan khas daerah pada acara-acara adat seperti pernikahan, khitanan, dan acara keagamaan lainnya. Oleh karena itu, makanan khas daerah Tulungagung bukan hanya sekadar hidangan yang lezat, tetapi juga memiliki nilai sosial dan budaya yang tinggi.

Bagi wisatawan yang ingin mencicipi makanan khas daerah Tulungagung, tidak perlu khawatir karena makanan-makanan ini dapat dengan mudah ditemukan di berbagai tempat di Tulungagung. Ada banyak warung dan restoran yang menyajikan hidangan-hidangan khas daerah ini dengan harga yang terjangkau.

Selain itu, bagi wisatawan yang ingin lebih memahami tentang makanan khas daerah Tulungagung, dapat mengunjungi pusat oleh-oleh khas daerah seperti Pasar Pahlawan dan Pasar Larangan. Di sana, wisatawan dapat membeli berbagai macam makanan khas daerah dan oleh-oleh lainnya seperti kerajinan tangan dan batik Tulungagung.

Secara keseluruhan, makanan khas daerah Tulungagung merupakan bagian penting dari kekayaan budaya Jawa Timur. Hidangan-hidangan yang unik dan lezat ini tidak hanya memanjakan lidah, tetapi juga memiliki nilai historis dan budaya yang tinggi. Oleh karena itu, bagi wisatawan yang ingin merasakan kekayaan kuliner dan budaya Jawa Timur, Tulungagung adalah destinasi yang wajib dikunjungi.

Rate this post

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.

x