Gunung Bromo Malang: Rute Pendakian & Pemandangan Terbaik

admin

harga tiket masuk bromo

harga tiket masuk bromo

Gunung Bromo sebagai salah satunya gunung berapi yang berada di Jawa Timur dan menjadi satu diantara tujuan rekreasi favorite di Indonesia. Dalam artikel berikut, kami akan mengulas jalur pendakian dan pemandangan terbaik dari Gunung Bromo.

Sejarah dan Beberapa fakta mengenai Gunung Bromo

Gunung Bromo ialah gunung berapi aktif yang berada di teritori Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur. Ketinggiannya capai 2.329 mdpl dan sebagai salah satunya gunung terpopuler di Indonesia. Berikut beberapa fakta menarik mengenai Gunung Bromo:

  1. Gunung Bromo sebagai salah satunya gunung berapi sangat aktif di Indonesia dengan kegiatan vulkanik yang masih tetap terus berjalan sampai saat ini.
  2. Gunung Bromo mempunyai kawah yang aktif dan didalamnya ada banyak lubang kecil yang keluarkan belerang dan asap.
  3. Warga lokal yakini jika Gunung Bromo ialah lokasi yang keramat dan menjadikan untuk tempat penyembahan.

 

Jalur Pendakian Gunung Bromo

Ada banyak jalur pendakian yang bisa diputuskan untuk ke arah pucuk Gunung Bromo. Berikut jalur pendakian yang bisa diputuskan:

Jalur Pendakian lewat Cemoro Lawang

Cemoro Lawang ialah dusun paling dekat dari Gunung Bromo dan jadi tempat awalnya pendakian yang paling terkenal. Jalur pendakian lewat Cemoro Lawang mempunyai jarak menempuh sekitaran 3 km sama waktu menempuh sekitaran 1,5 jam.

Jalur Pendakian lewat Ngadas

Ngadas ialah dusun yang berada di samping barat Gunung Bromo dan jadi jalur alternative untuk ke arah pucuk. Jalur pendakian lewat Ngadas mempunyai jarak menempuh sekitaran 10 km sama waktu menempuh sekitaran 5 jam.

READ MORE :  Open Trip Wisata Kawah Ijen dan Baluran dari Surabaya: Solusi Weekend Bersama Teman dan Keluarga

Jalur Pendakian lewat Probolinggo

Probolinggo ialah kota paling dekat dari Gunung Bromo dan jadi tempat awalnya pendakian untuk mereka yang tiba di luar wilayah. Jalur pendakian lewat Probolinggo mempunyai jarak menempuh sekitaran 40 km sama waktu menempuh sekitaran 2,5 jam.

 

Pemandangan Terbaik dari Gunung Bromo

Sesudah capai pucuk Gunung Bromo, Anda akan disuguhi pemandangan yang mengagumkan. Berikut pemandangan terbaik dari Gunung Bromo:

Sunrise di Bukit Penanjakan

Bukit Penanjakan adalah tempat terbaik untuk nikmati matahari keluar di Gunung Bromo. Disini, Anda bisa menyaksikan pemandangan Gunung Bromo, Gunung Batok, dan Gunung Semeru.

Pasir Berbisik

Pasir Berbisik ialah daratan pasir yang berada disekitaran Gunung Bromo. Disini, Anda bisa menyaksikan pemandangan Gunung Bromo dan Gunung Batok dengan background daratan pasir yang cantik.

Kawah Gunung Bromo

Kawah Gunung Bromo adalah daya magnet khusus dari Gunung Bromo. Kawah ini berdiameter sekitaran 800 mtr. dan kedalaman sekitaran 200 meter. Dalam kawah, ada belerang dan beberapa lubang kecil yang keluarkan asap.

Teletubbies Hill

Teletubbies Hill ialah bukit kecil yang berada disekitaran teritori Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Bukit ini diberi nama Teletubbies Hill karena memiliki bentuk yang serupa dengan bukit dalam seri tv beberapa anak Teletubbies.

Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura berada sekitaran 20 km dari Gunung Bromo dan menjadi satu diantara tempat wisata yang terkenal di wilayah Malang. Air Terjun Madakaripura mempunyai ketinggian sekitaran 200 mtr. dan berada dalam tebing terjal yang dihias oleh rimba hijau yang rimbun.

 

Panduan Menaiki Gunung Bromo

Menaiki Gunung Bromo membutuhkan penyiapan yang masak supaya perjalanan Anda jadi lebih aman dan nyaman. Berikut beberapa panduan yang bisa menolong Anda dalam menaiki Gunung Bromo:

READ MORE :  Harga Tiket Masuk Jatim Park 1 Mulai IDR 75K (Akhir Pekan IDR 90K)

1. Siapkan mental dan fisik Anda
Menaiki Gunung Bromo membutuhkan keadaan mental dan fisik yang baik. Lakukan olahraga dengan teratur untuk tingkatkan kesehatan fisik Anda. Disamping itu, siapkanlah psikis Anda dengan mengontrol pola tidur dan mempertahankan kesehatan badan Anda.

2. Gunakanlah baju dan alas kaki yang sama sesuai
Gunung Bromo mempunyai temperatur yang dingin, hingga Anda dianjurkan untuk bawa baju yang hangat dan tebal. Alas kaki yang sangat nyaman dan anti selip juga dibutuhkan supaya Anda tidak gampang terpeleset saat menaiki.

3. Membawa peralatan yang dibutuhkan
Membawa peralatan yang dibutuhkan seperti senter, jaket hujan, dan masker. Disamping itu, bawa serta minuman dan makanan yang cukup buat penuhi keperluan Anda sepanjang menaiki.

4. Taati ketentuan yang berjalan
Taati ketentuan yang berjalan di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dan tidak boleh menghancurkan lingkungan sekitar.

 

Ringkasan

Menaiki Gunung Bromo jadi pengalaman yang tidak terlupakan. Jalur pendakian yang pemandangan dan bermacam yang cantik akan membuat perjalanan Anda makin terkesan. Janganlah lupa untuk menyiapkan diri Anda secara baik dan meng ikuti ketentuan yang berlaku. Selamat nikmati perjalanan Anda di Gunung Bromo! Baca Juga Harga Tiket Masuk Bromo  atau Paket Wisata Bromo

FAQs

Apa Gunung Bromo aman untuk didaki?
Ya, Gunung Bromo aman untuk didaki. Tetapi, masih tetap lihat keadaan cuaca dan ikutinya ketentuan yang berjalan di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Apa waktu terbaik untuk menaiki Gunung Bromo?
Waktu terbaik untuk menaiki Gunung Bromo ialah saat pagi hari,saat matahari terbit. Tetapi, pastikan Anda telah datang di teritori Bromo awalnya supaya bisa nikmati pemandangan matahari keluar dengan sempurna.

READ MORE :  5 Fakta Unik & Menarik di Wisata Hutan Kota Tanah Tingal

Bagaimanakah cara ke arah Gunung Bromo?
Anda bisa ke arah Gunung Bromo dengan memakai kendaraan individu atau angkutan umum seperti travel atau bis. Dari kota Malang, perjalanan ke arah Gunung Bromo memerlukan waktu sekitaran 2-3 jam.

Apa yang perlu dibawa ketika menaiki Gunung Bromo?
Beberapa peralatan yang dibutuhkan saat menaiki Gunung Bromo diantaranya senter, masker, jaket hujan, baju yang tebal dan hangat, dan alas kaki yang anti selip dan nyaman. Disamping itu, janganlah lupa bawa minuman dan makanan yang cukup buat penuhi keperluan sepanjang perjalanan.

Apa jalur pendakian yang bisa diputuskan di Gunung Bromo?
Ada banyak jalur pendakian yang bisa diputuskan di Gunung Bromo, diantaranya jalur Cemoro Lawang, jalur Probolinggo, dan jalur Malang. Tiap jalur mempunyai keelokan dan kekhasan yang berbeda, hingga dianjurkan untuk pilih jalur yang paling sesuai kemauan Anda.

Rate this post

Also Read

Leave a Comment

x