Hanya 5 Menit Cara Membuat Google Form di HP Iphone / Android

admin

Hanya 5 Menit Cara Membuat Google Form di HP Iphone / Android

Google Form adalah alat yang sangat berguna untuk membuat formulir online, kuesioner, atau survei dengan cepat dan mudah. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara membuat Google Form di perangkat HP Anda dalam waktu singkat. Dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini, Anda akan dapat membuat formulir kustom sesuai dengan kebutuhan Anda hanya dalam waktu 5 menit.

1. Buka Aplikasi Google Drive di HP Anda

Langkah pertama adalah membuka aplikasi Google Drive yang telah diinstal di perangkat HP Anda. Jika Anda belum mengunduhnya, pastikan untuk mengunduh aplikasi Google Drive dari toko aplikasi yang relevan. Setelah itu, buka aplikasi dan masuk dengan akun Google Anda.

2. Buat Formulir Baru

Setelah masuk ke Google Drive, cari tombol “Tambah” yang biasanya terletak di bawah layar. Ketuk opsi “Formulir” dari daftar pilihan yang muncul. Hal ini akan membuka halaman pembuatan formulir baru.

3. Beri Judul dan Tambahkan Pertanyaan

Di halaman pembuatan formulir, berikan judul yang sesuai untuk formulir Anda. Pastikan judul tersebut mencerminkan tujuan formulir Anda. Selanjutnya, tambahkan pertanyaan pertama dengan mengklik tombol “+ Tambahkan pertanyaan” di bagian bawah halaman.

4. Pilih Jenis Pertanyaan

Setelah menambahkan pertanyaan pertama, Anda dapat memilih jenis pertanyaan yang ingin Anda gunakan. Google Form menyediakan berbagai pilihan, seperti pertanyaan pilihan ganda, isian singkat, pilihan ganda dengan gambar, dan lainnya. Pilih jenis pertanyaan yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan lanjutkan dengan mengisi pertanyaan dan opsi jawaban yang relevan.

READ MORE :  Jacksmith Unblocked - Unleash the Gaming Fun!

5. Tambahkan Pertanyaan Tambahan

Setelah menyelesaikan pertanyaan pertama, Anda dapat menambahkan pertanyaan lainnya dengan mengklik tombol “+ Tambahkan pertanyaan” di bawah pertanyaan sebelumnya. Ulangi langkah ini sesuai dengan jumlah pertanyaan yang ingin Anda sertakan dalam formulir Anda.

6. Sesuaikan Tampilan Formulir

Setelah semua pertanyaan ditambahkan, Anda dapat mempersonalisasi tampilan formulir dengan menambahkan gambar atau mengubah tema warna. Untuk menambahkan gambar, klik opsi “Tambahkan gambar” di bagian atas halaman. Jika Anda ingin mengubah tema warna, pilih opsi “Tema” di bagian kanan atas halaman.

7. Bagikan Google Form

Setelah formulir Anda sudah siap, klik tombol “Bagikan” di bagian kanan atas halaman. Ini akan membuka jendela dengan berbagai opsi berbagi. Anda dapat memilih untuk mengirimkan formulir melalui tautan, mengundang orang melalui email, atau menyematkannya ke situs web atau blog Anda.

8. Atur Pengaturan Formulir

Sebelum Anda membagikan formulir, Anda dapat mengatur beberapa pengaturan tambahan. Klik ikon “Roda Gigi” di bagian kanan atas jendela “Bagikan” untuk membuka pengaturan formulir. Di sini, Anda dapat mengubah siapa yang dapat mengisi formulir, mengatur batasan waktu, atau mengaktifkan notifikasi email untuk setiap tanggapan yang masuk.

9. Dapatkan Tautan dan Kode QR

Setelah Anda mengatur pengaturan formulir, Anda akan melihat tautan langsung dan kode QR di jendela “Bagikan”. Anda dapat menyalin tautan dan membagikannya melalui pesan teks, email, atau media sosial. Kode QR dapat dipindai oleh orang lain menggunakan aplikasi pemindai QR untuk mengakses formulir dengan mudah.

10. Pantau Tanggapan

Setelah formulir Anda mulai mendapatkan tanggapan, Anda dapat memeriksa tanggapan tersebut dengan mengklik tombol “Tanggapan” di halaman formulir. Di sini, Anda dapat melihat tanggapan individu, menganalisis data yang dikumpulkan, atau mengekspor tanggapan ke spreadsheet Google Sheets untuk analisis lebih lanjut.

READ MORE :  I Was the Final Boss: The Intriguing World of Games as the Final Boss

Dengan mengikuti panduan langkah demi langkah di atas, Anda akan dapat membuat Google Form di perangkat HP Anda hanya dalam waktu 5 menit. Manfaatkan alat yang efisien ini untuk mengumpulkan data, membuat survei, atau membuat kuesioner dengan cepat dan mudah. Jangan ragu untuk berkreasi dan menyesuaikan formulir Anda sesuai dengan kebutuhan Anda.

FAQs

1. Apakah Google Form gratis? Ya, Google Form adalah layanan gratis yang disediakan oleh Google.

2. Bisakah saya mengedit pertanyaan setelah formulir dibuat? Ya, Anda dapat mengedit atau menambahkan pertanyaan baru setelah formulir dibuat.

3. Bisakah saya melihat tanggapan yang masuk dalam format spreadsheet? Ya, Anda dapat melihat dan mengunduh tanggapan yang masuk dalam format spreadsheet Google Sheets.

4. Apakah saya bisa mengubah tampilan formulir setelah pembuatan? Ya, Anda dapat mengubah tampilan formulir, termasuk menambahkan gambar atau mengubah tema warna.

5. Apakah diperlukan akun Google untuk membuat Google Form? Ya, Anda perlu memiliki akun Google dan masuk ke Google Drive untuk membuat Google Form.

Rate this post

Also Read

Leave a Comment

x