Menjadi Seorang Hotelier: Menghidupkan Pengalaman Menginap di Hotel

admin

Menjadi Seorang Hotelier: Menghidupkan Pengalaman Menginap di Hotel - RARATRAVEL.ID

Menjadi Seorang Hotelier: Menghidupkan Pengalaman Menginap di Hotel - RARATRAVEL.ID

Menjadi Seorang Hotelier: Menghidupkan Pengalaman Menginap di Hotel - RARATRAVEL.ID
Menjadi Seorang Hotelier: Menghidupkan Pengalaman Menginap di Hotel – RARATRAVEL.ID

Ketika berbicara tentang menginap di hotel, losmen, atau penginapan lainnya, awalnya saya tidak memiliki banyak pengalaman. Keluarga saya tidak terbiasa melakukan perjalanan jauh, jadi saat kecil dan remaja, saya jarang berinteraksi dengan hotel.

Namun, segalanya berubah saat saya lulus SMP pada tahun 2003. Saat itu, saya dan teman-teman sekolah berangkat liburan ke Bali. Perjalanan dari Malang ke Bali memakan waktu lama, dan kami menginap di Hotel Nikki, Denpasar.

 

Meningkatnya Pengalaman Menginap di Hotel

Pengalaman menginap di hotel ini sangat unik. Satu kamar diisi oleh empat orang dengan dua tempat tidur. Ya, kami memilih berbagi tempat tidur untuk menghemat biaya. Tentu saja, sebagai remaja baru lulus SMP yang masih bergantung pada orangtua, kami harus mengatur anggaran dengan cermat. Tidak mudah, tapi itu mengasyikkan!

Pengalaman menginap di hotel berikutnya terjadi pada tahun 2008, ketika saya berada di akhir semester keempat kuliah. Saya dan teman-teman kelas mengadakan study tour ke Jakarta dan menginap di Hotel Sofyan Cikini.

Selanjutnya, pada awal tahun 2009, saya melakukan perjalanan singkat ke Jogja bersama ayah saya. Kami menumpang kereta api untuk berwisata sejenak ke kota gudeg itu. Di Jogja, kami menginap di sebuah losmen di Jalan Dagen, dekat Malioboro. Rasanya sangat senang, karena itu adalah kunjungan pertama saya ke Jogja.

Sejak saya mulai bekerja pada tahun 2011, kesempatan menginap di hotel meningkat drastis. Perjalanan dinas ke luar kota menjadi hal yang biasa. Dari sana, saya menemukan berbagai hal menarik saat menghabiskan waktu di hotel-hotel yang saya inapi.

READ MORE :  5 Tempat Wisata Kebun Teh di Puncak Bogor Dengan Harga Tiket Masuk Murah Mulai Rp 6K

Proses Check-in di Hotel

Saat memutuskan untuk menginap di sebuah hotel, langkah pertama tentu saja adalah mengecek ketersediaan kamar dengan petugas resepsionis. Jika ada kamar kosong, proses check-in pun dilanjutkan. Atau jika sudah memesan kamar sebelumnya, konfirmasi pesanan dilakukan.

Saat menunggu proses check-in selesai, saya suka mengamati setiap sudut di area resepsionis hotel. Resepsionis adalah gerbang utama bagi setiap tamu hotel, jadi memberikan kesan yang baik sangat penting.

Sambil menunggu, saya biasanya mencari brosur atau kartu nama hotel. Saya menemukan dua benda itu sangat berharga karena bisa memberikan informasi yang berguna di masa mendatang.

Setelah check-in selesai, saya bisa segera mendapatkan kamar saya. Dari berbagai pengalaman saya, ada hotel yang menyediakan petugas untuk memandu tamu ke kamar mereka, tapi tidak semua hotel melakukannya. Jika saya membawa banyak barang, membawanya sendiri ke kamar bisa sedikit merepotkan.

Menghadirkan Pengalaman Istimewa bagi Tamu Hotel

Menurut saya, peran room boy sangat penting dalam pengalaman menginap di hotel. Mereka membantu tamu menemukan kamar yang sudah dipesan, bahkan bisa membantu membawa barang bawaan. Selain itu, mereka membuka pintu kamar dan memastikan segala fasilitas di dalamnya siap digunakan.

Saat menginap di hotel, kita bisa merasa seperti seorang “raja.” Semua petugas hotel berkewajiban melayani tamu dengan baik, karena tamu adalah konsumen yang menggunakan jasa hotel. Dan, sebagai konsumen, kita adalah raja.

Esensi Hotel: Pelayanan yang Prima bagi Konsumen

Sebagai seorang hotelier, pemahaman tentang kebutuhan tamu yang datang adalah hal yang sangat penting. Mayoritas tamu adalah orang-orang yang butuh tempat istirahat setelah beraktivitas seharian. Mereka berhak mendapatkan pelayanan yang prima dari hotel yang mereka inapi.

READ MORE :  11 Daftar Paket Tour and Travel di Bandung, Cocok Untuk Berlibur di Masa Mendatang

Ketika saya bekerja di lembaga yang menyediakan pelayanan untuk masyarakat, saya menemukan kepuasan dalam melayani orang lain. Jika saya menjadi seorang hotelier, saya akan memilih menjadi room boy. Membantu para tamu yang baru datang adalah hal yang menyenangkan bagi saya.

Baca juga: 5 Hotel Terbaik dan Mewah di Indonesia yang Akan Membuat Anda Terpesona

Kesimpulan

Hotel adalah tempat yang menyediakan pelayanan bagi konsumen. Konsumen ini membayar untuk mendapatkan layanan tersebut, dan sebagai hotelier, kita berkewajiban memberikan pelayanan yang sepadan dengan harga yang mereka bayar.

Dengan memperhatikan kebutuhan dan memberikan pelayanan yang baik, hotel akan menjadi tempat yang nyaman bagi para tamu. Sebagai tamu, kita akan merasa dihargai dan diberi perhatian sepenuh hati oleh para petugas hotel. Dengan begitu, pengalaman menginap di hotel akan menjadi kenangan yang tak terlupakan.

Rate this post

Also Read

Leave a Comment

x