Bandara Jenderal Ahmad Yani International Airport Semarang

admin

Bandara Jenderal Ahmad Yani International Airport Semarang - RARATRAVEL.ID
Bandara Jenderal Ahmad Yani International Airport Semarang ( dok. hlm )

Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani (dikenal juga sebagai Jenderal Ahmad Yani International Airport) adalah bandara yang ada di Kota Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. Namanya diambil dari salah satu pahlawan revolusi Indonesia, yaitu Jenderal TNI (Anumentra) Ahmad Yani. Bandara ini resmi menjadi bandara internasional pada bulan Maret 2004 dengan penerbangan perdana Garuda Indonesia menuju Singapura.

Sejarah

Dulu banget, Bandara Jenderal Ahmad Yani tuh awalnya pangkalan udara TNI Angkatan Darat yang terkenal dengan sebutan Pangkalan Udara Angkatan Darat Kalibanteng. Terus berdasarkan keputusan bareng dari Panglima Angkatan Udara, Menteri Perhubungan, dan Menteri Angkatan Darat pada tanggal 31 Agustus 1995, pangkalan udara AD itu diubah jadi Pangkalan Udara Bersama Kalibanteng Semarang. Tapi gara-gara banyak penerbangan sipil yang makin sering lewat sana, akhirnya tanggal 1 Oktober 1995 Bandar Udara Ahmad Yani Semarang resmi jadi salah satu bandar udara di bawah PT Angkasa Pura.

Eh tapi tau nggak? Bandaranya Ahmad Yani ini berubah jadi bandara internasional pada tahun 2004 setelah Garuda Indonesia buka rute Semarang-Singapura. Keren kan?

Di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani, ada terminal yang berada di sebelah Utara Runway dan bahkan mengapung di atas laut. Terminal ini luasnya 58.652 m² dan bisa menampung sekitar 6,5-7 juta penumpang setiap tahun atau sekitar 20.000 orang per hari. Di dalamnya, ada berbagai fasilitas keren seperti toko cinderamata, gerai makanan enak-enak, bank, money changer, hotel dan travel booking, layanan taksi, penyewaan mobil juga BRT Trans Semarang. Oh iya, Bandara Ahmad Yani juga punya landasan pacu dengan ukuran 2.560 x 45 meter.

READ MORE :  Legends of Learning: Unlocking Educational Marvels

Pada tanggal 7 Juni 2018 kemarin nih terminal baru di bandara Ahmad Yani resmi dibuka sama Presiden Republik Indonesia kita yang cakep-cakep itu si Joko Widodo (Jokowi). Seru banget kan?

Maskapai dan Tujuan

Penumpang

MaskapaiTujuan
Batik AirJakarta–Halim Perdanakusuma, Jakarta–Soekarno–Hatta
CitilinkBanjarmasin, Jakarta–Halim Perdanakusuma, Jakarta–Soekarno–Hatta
Garuda IndonesiaJakarta–Soekarno–Hatta
Lion AirBalikpapan, Banjarmasin, Jakarta–Soekarno–Hatta, Makassar
Sriwijaya AirMakassar
Super Air JetBatam, Jakarta–Soekarno–Hatta
Wings AirKetapang, Pangkalan Bun

Kargo

MaskapaiTujuan
Asia Cargo AirlinesJakarta–Soekarno–Hatta, Singapore
My Indo AirlinesJakarta–Soekarno–Hatta, Singapore, Surabaya

Rencana Masa Depan

Nanti Bandara Udara Internasional Ahmad Yani bakal punya fasilitas keren berikut ini, loh:

1. Runway yang diperpanjang sejauh 3000 meter dan diaspal dengan tingkat kekerasan (PCN) yang bisa didarati oleh pesawat Airbus A330neo, Airbus A330, Boeing 747-400, dan Boeing 777-300ER.
2. Pembangunan Parallel Taxiway & Rapid Exit Taxiway biar pesawat bisa nyelonong cepet dari landasan pacu.
3. Apron yang diperluas supaya lebih banyak pesawat bisa diparkir di sana.
4. Pembangunan akses Light Rapid Transit (LRT) Kota Semarang dari bandara ke Pasar Bulu.

Seru banget kan nanti? Udah ada upgrade runway, taxiway baru, apron luas buat parkir pesawatnya, plus akses LRT pula!

Transportasi

Layanan taksi dan angkutan daring ada di bandara, tepatnya di area pintu kedatangan. Sebelum Trans Semarang beroperasi ke terminal baru, angkutan daring bisa masuk ke area keberangkatan untuk jemput penumpang yang mau keluar dari bandara. Tapi ada masalah antara angkutan daring dengan taksi bandara, jadi cuma sedikit angkutan daring yang boleh ambil penumpang buat keluar dari bandara, mereka lebih fokus nyediain transportasi menuju bandara.

Trans Semarang ini ngelayanin perjalanan dari dan menuju bandara lewat dua koridor, yaitu koridor 5 sama koridor khusus buat bandara mulai tanggal 18 Februari 2019. Tempat naik turun penumpangnya ada di Halte Bandara Ahmad Yani yang letaknya di jalan masuk parkir depan bandara (awal-awal pas diletakin itu kan sebelah kiri pintu kedatangan).

READ MORE :  How Much Will It Cost to Travel to Bali from India and Stay There for A Week?

Dari halte itu bisa langsung nyebrang pake jembatan ke terminal bandaranya. Nah dua koridor tadi lanjut perjalanannya sampe Halte PRPP sebelum terus melanjutkan tujuan akhir masing-masing (koridor 5 sampe Marina, koridor khusus buat bandaranha sampe Simpang Lima). Sebelum ini waktu terminal lama masih dipake juga Koridor 4 sebagai jalur layanan.

Baca juga: Travel Semarang ke Bandara Juanda PP Murah – RARATRAVEL.ID

Rate this post

Also Read

Leave a Comment

x