Pengalaman Pribadi Mendaki Puncak dan Bertahan di Gunung Celaque Honduras

admin

Anda tahu, ketika ide untuk mendaki gunung tertinggi di Honduras pertama kali muncul, saya berpikir, “Tentu, seberapa sulitkah pendakian ini jika dibandingkan dengan pendakian saya di pegunungan Drakensberg atau lembah-lembah di Capadoccia?” Namun, saya beritahu Anda, mendaki Celaque ternyata jauh lebih menantang dan menuntut fisik daripada yang saya duga.

Pengalaman Puncak: Bertahan di Gunung Celaque, Honduras

Hahahaha, perjalanan ini merupakan perjalanan liar dengan begitu banyak tikungan yang tak terduga – cuaca yang gila, pemandu yang bersemangat namun terkadang tidak sabar, jalan setapak yang sangat membutuhkan TLC, dan tidak ada bagal atau kuda untuk meringankan beban kami. Namun percayalah, semua itu terbayar ketika kami menyaksikan matahari terbit yang menakjubkan. Jangan salah paham, saya akan merekomendasikan pendakian ini kepada siapa pun, tetapi masih ada ruang untuk perbaikan di taman nasional ini agar lebih menyenangkan dan dapat diakses oleh semua orang.

Sebagai seseorang yang mencintai alam, petualangan ini benar-benar membuat saya rendah hati. Alam tidak peduli seberapa siap atau berpengalamannya Anda!

Jadi, jika Anda seperti saya, tertarik pada tantangan dan penasaran untuk mendaki Gunung Celaque, saya punya kabar baik. Hari ini, saya akan memberikan ulasan yang jujur mengenai Parque Nacional Celaque dan berbagi tips untuk memaksimalkan petualangan yang luar biasa ini. Mari kita mulai!

Di mana Letak Gunung Celaque?

Proses Pendakian Gunung Celaque

Gunung Celaque, juga dikenal sebagai Cerro Las Minas, terletak di bagian barat Honduras di dalam Taman Nasional Celaque (Parque Nacional Celaque). Gunung ini dengan bangga menyandang predikat sebagai puncak tertinggi di Honduras, dengan ketinggian 2.870 meter (9.416 kaki) di atas permukaan laut. Gunung ini dapat ditemukan di dekat kota Gracias di Departemen Lempira. Sebelum saya tiba, saya tidak tahu banyak tentang daerah ini – hanya saja kota ini merupakan kota kelahiran mantan presiden dan terkenal dengan pembangunan dan industrialisasinya.

READ MORE :  Info Harga Paket Wisata Banyuwangi Lengkap

Meskipun begitu, Taman Nasional Celaque terkenal dengan ekosistemnya yang beragam, memiliki hutan awan yang rimbun yang menciptakan latar belakang yang menakjubkan untuk mendaki, melihat satwa liar, dan menikmati keindahan alam.

Jika Anda bepergian dari San Pedro Sula, perjalanan ke Gracias – pintu gerbang ke Taman Nasional Celaque – berjarak sekitar 160-kilometer (sekitar 100 mil) ke arah barat daya. Tergantung pada lalu lintas dan kondisi jalan, rencanakan perjalanan selama 3 hingga 4 jam dengan mobil. Setelah Anda mencapai Gracias, Anda dapat langsung menuju taman nasional dan mengatur pendakian berpemandu untuk menjelajahi Gunung Celaque dan sekitarnya.

Seperti Apa Rasanya?

Para Pendaki Gunung Celaque

Petualangan kami di Celaque dimulai tepat setelah jam 7 pagi, diawali dengan sarapan besar dan sambutan hangat dari pemandu kami. Kata-katanya sangat jelas: “Perjalanan gunung ini tidak akan mudah, jadi bersiaplah.” Dengan itu, kami pun berangkat untuk melakukan pendakian dua hari yang legendaris.

Melihat ke belakang, agak menakutkan bahwa ini adalah satu-satunya saran yang diberikan oleh pemandu kami – hal ini membuat saya bertanya-tanya tentang tingkat pengalamannya. Namun kami bertekad untuk terus maju, siap menghadapi tantangan apa pun yang ada di depan. Saat hari berganti, kami menjelajahi anak sungai, bertemu dengan babi hutan, dan bermanuver melewati parit-parit yang curam dan medan berbatu. Setelah empat jam, kaki dan persendian kami mulai terasa pegal, terutama karena jalurnya yang terjal dan kurang terawat.

Saat istirahat sejenak, pemandu kami menekankan pentingnya mencapai base camp sebelum malam tiba, dan memperingatkan kami tentang bahaya pendakian dalam kegelapan. Raut wajah rekan-rekan pendaki mencerminkan perasaan saya yang semakin tidak nyaman – kami akan menghadapi perjalanan yang jauh lebih sulit daripada yang kami perkirakan, terutama dengan matahari terbenam yang semakin dekat.

READ MORE :  Harga Tiket Masuk Gunung Sagara Garut Jawa Barat

Kami terus berjalan selama beberapa jam, beristirahat sejenak namun selalu dengan pemandu kami yang terus mengawasi perkembangan kami. Sikapnya berubah menjadi serius, terus-menerus mendesak kami untuk meningkatkan kecepatan. Pada satu titik, saya mendengar dia berbisik kepada rekannya, “Kita harus segera kembali ke perkemahan sebelum malam tiba, ini sangat dingin. Ada lebih banyak hewan yang harus diselamatkan di musim dingin ini.” Mendengar hal ini, membuat saya merinding, terutama saat matahari mulai terbenam dan kami masih memiliki satu jam lagi untuk mendaki.

Saat kegelapan menyelimuti hutan belantara, suara babi hutan dan burung hantu menambah suasana mencekam. Setiap gemerisik di semak-semak tampaknya semakin meresahkan pemandu kami, mendorong kami untuk bergerak lebih cepat. Di setiap langkah, saya bertanya-tanya mengapa kami tidak memiliki keledai untuk membawa perlengkapan kami!

Mencapai Base Camp

Base Camp Gunung Celeque

Akhirnya, mencapai base camp sungguh menggembirakan. Menyusuri jalur yang telah kami taklukkan – lebih dari 1.000 meter sepanjang 30 kilometer dalam 10 jam yang melelahkan – itu adalah momen kemenangan yang sesungguhnya. Waktu menunjukkan pukul 19.40, dan kami benar-benar kagum dengan apa yang telah kami capai.

Base camp itu sendiri agak kasar di sekelilingnya, dengan fasilitas perumahan yang memiliki lubang di atap dan kamar mandi yang menyerupai sesuatu yang ada di acara bertahan hidup. Namun semua itu tidak menjadi masalah saat kami bersiap untuk bangun jam 5 pagi keesokan harinya untuk menyaksikan matahari terbit yang hanya sedikit yang bisa menyaksikannya.

Dan biar saya beritahu Anda, matahari terbit itu membuat semua itu sepadan. Berdiri di sana, berjemur di bawah rona keemasan yang menghiasi langit, semua kesulitan dalam perjalanan menjadi sirna. Itu adalah momen keajaiban murni di tengah-tengah padang gurun Celaque yang berbatu.

READ MORE :  Surga Eksotis di Pantai Jedingan, Destinasi Tersembunyi Instagramable!

TIPS

Jika Anda berencana untuk mendaki Gunung Celaque, berikut adalah beberapa tips untuk memastikan perjalanan Anda menyenangkan:

  1. “AIR!” Pastikan Anda membawa banyak air – usahakan sekitar 5 botol – untuk menjaga diri Anda tetap terhidrasi. Ini mungkin akan sedikit membebani ransel Anda, tapi percayalah, Anda akan berterima kasih pada diri sendiri ketika Anda merasa segar dan berenergi di sepanjang perjalanan.
  2. “Get Fit, Have Fun” Pendakian ini bukanlah pendakian yang mudah – secara harfiah! Dengan jalur yang kasar dan beberapa tempat yang sulit di mana Anda mungkin harus berebutan bebatuan, memiliki kondisi tubuh yang bugar akan terbayar lunas. Jadi, sebelum Anda memulai pendakian, cobalah untuk berolahraga secara teratur. Tubuh Anda akan berterima kasih untuk itu, dan Anda akan lebih menikmati petualangan ini!
  3. Pakaian Hangat dan Kering: Malam hari di Celaque sangat dingin. Bawalah pakaian hangat dan kering untuk bermalam, terutama setelah seharian berkeringat di jalan setapak.
  4. Pemandu yang Berpengalaman: Pastikan pemandu Anda berpengalaman dan berpengetahuan luas. Pemandu yang baik dapat membuat perbedaan besar, mencegah kecelakaan seperti turunan yang terburu-buru yang dapat menyebabkan cedera, serius!
  5. Bawalah Makanan Ringan Ekstra: Meskipun sarapan dan makan siang sudah disediakan, bawalah makanan ringan yang Anda sukai. Anda akan senang memiliki makanan ringan yang familiar dan nyaman untuk membuat Anda tetap berenergi selama pendakian.
Rate this post

Also Read

Leave a Comment

x