5 Rekomendasi Tempat Wisata di Barru Sulawesi Selatan Terbaru

admin

Barru – Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan (Sulsel) adalah salah satu daerah di Indonesia yang memiliki beragam tempat wisata alam yang menakjubkan. Keindahan panorama alam di Barru tidak perlu diragukan lagi.

Berbagai tempat wisata di Barru menawarkan ketenangan, kesegaran, dan kegembiraan bagi para pengunjungnya. Salah satu jenis wisata yang populer adalah air terjun dan sungai. Keunikan geografis Barru menjadikannya tempat yang istimewa. Wilayah ini terletak di kawasan pesisir laut dan juga di daerah perbukitan.

Barru memiliki banyak tempat wisata yang masih asri, seperti Celebes Canyon. Tempat ini menawarkan ketenangan karena jauh dari keramaian perkotaan. Selain itu, Barru juga memiliki wisata alam berupa bukit dan pegunungan, seperti Lappa Laona.

Bagi para pengunjung yang mencari pengalaman berlibur yang menyatu dengan alam, Barru adalah destinasi yang sempurna. Keindahan alam yang luar biasa dan suasana yang tenang membuat wisatawan merasa segar dan terhubung dengan alam sekitarnya.

Jadi, jika Anda ingin menikmati pesona alam yang memukau, datanglah ke Barru dan jelajahi berbagai tempat wisatanya yang menarik.

5 Tempat Wisata di Barru yang Populer

Berikut 5 tempat wisata di Barru yang paling menarik dan populer yang dirangkum RaraTravel.id dari berbagai sumber.

1. Celebes Canyon

Celebes Canyon

Celebes Canyon adalah destinasi wisata yang terletak di Kabupaten Barru. Nama Celebes Canyon diambil karena tempat ini memiliki kemiripan dengan Grand Canyon yang terkenal di Amerika.

Lokasinya masih sangat alami dengan susunan batuan cadas yang dilintasi oleh sungai yang masih murni dan asli.

Selain formasi batuan cadas, Celebes Canyon juga memiliki air terjun yang menambah keindahan tempat ini. Sungai yang mengalir di sana dikenal sebagai Sungai Ule, yang terkenal dengan airnya yang jernih.

Tidak mengherankan bahwa tempat wisata ini tetap bersih dan terbebas dari polusi. Air Sungai Ule masih alami dan tidak tercemar.

READ MORE :  Menemukan Symi: Permata Tersembunyi di Kepulauan Dodecanese Yunani

Yang menarik, meskipun dalam musim kemarau, Celebes Canyon tetap mengalir dengan air yang melimpah. Tempat ini tetap memberikan kesegaran kepada para pengunjungnya.

Dengan keindahan alamnya yang menakjubkan dan kesegaran yang selalu terjaga, Celebes Canyon merupakan destinasi wisata alam yang tak boleh dilewatkan bagi para pengunjung.

Rute dan Lokasi Celebes Canyon

Celebes Canyon, sebuah tempat wisata yang unik, terletak di Desa Libureng, Kecamatan Tanete Riaja. Bagi para pengunjung yang ingin merasakan keajaiban alam ini, perjalanan dari Kota Makassar akan memakan waktu sekitar 3 jam.

Setibanya di area parkir, pengunjung Celebes Canyon akan melalui perjalanan menarik selama sekitar 10 menit melalui jalan yang melintasi sawah. Selama perjalanan menuju sungai, mata kamu akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang memukau.

Untuk dapat memasuki kawasan wisata ini, pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir sebesar Rp. 5.000. Setelah itu, kamu sudah siap menikmati kesegaran Sungai Ule, berpose di tempat yang indah, berendam atau berenang, atau bahkan menghabiskan waktu di area perkemahan.

Celebes Canyon adalah tempat yang luar biasa untuk menghabiskan waktu liburan. Di sini, kamu dapat menjauh sejenak dari hiruk pikuk kehidupan sehari-hari dan terhubung dengan keajaiban alam yang luar biasa. Jadi, siapkan diri kamu untuk petualangan tak terlupakan di Celebes Canyon!

 

2. Lappa Laona

Lappa Laona

Berbeda dengan destinasi wisata lain yang memperlihatkan keindahan air, Lappa Laona merupakan tempat wisata yang menawarkan padang rumput, atau yang sering disebut savana.

Terletak di ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut, Lappa Laona, yang juga dikenal sebagai The Green Highland, merupakan tempat yang sempurna bagi para pekerja kantoran yang ingin melepas penat dan bersantai.

Di tempat wisata ini di Barru, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan luas padang rumput yang dapat memanjakan mata. Ada juga deretan gazebo unik yang cocok sebagai latar belakang saat berfoto.

Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati berbagai fasilitas lain yang disediakan di Lappa Laona. Mulai dari flying fox, area bersepeda gunung, hingga pemandangan yang menyerupai negeri di atas awan seperti di Toraja.

READ MORE :  Kawasan Wisata Pasar Sukawati Bali: Merasakan Pesona Budaya dan Kerajinan Lokal

Bagi yang ingin bermalam, pengunjung dapat membangun tenda sendiri atau menyewa gazebo yang menjadi ikonik di Lappa Laona.

Jika kamu berencana mengunjungi Lappa Laona, disarankan untuk mengenakan pakaian yang tebal karena suhu udara di sana cenderung dingin.

Lokasi dan Rute Lappa Laona

Tempat wisata Lappa Laona terletak di Dusun Waruwue, Desa Harapan, Kecamatan Tanete Riaja. Jika kamu berangkat dari Kota Makassar, perjalanan akan memakan waktu sekitar 4 jam dengan jarak sekitar 140 km.

Dari jalan utama Kabupaten Barru, kamu akan menempuh sekitar 50 km perjalanan menuju lokasi. Waktu tempuhnya sekitar 1,5 jam jika menggunakan kendaraan roda dua atau empat.

Tiket masuk ke lokasi ini hanya seharga Rp 10.000. Dengan harga tersebut, kamu sudah dapat menikmati panorama indah dari bukit, mengambil foto yang estetik, berkemah, menikmati matahari terbit dan terbenam, serta bermain flying fox.

 

3. Pulau Dutungan

Pulau Dutungan

Pulau Dutungan, sebuah tempat wisata bahari yang terletak di Kabupaten Barru, menawarkan pesona keindahan dengan pantai berpasir putih yang memukau.

Di Pulau Dutungan, terdapat beragam aktivitas yang dapat dilakukan. Mulai dari bermain snorkeling, diving, naik banana boat, hingga mengendarai jetski.

Pengunjung tidak perlu khawatir tentang akomodasi di Pulau Dutungan. Tempat wisata ini menyediakan beberapa vila dan pondok yang dapat disewa oleh para pengunjung.

Selain menginap di vila, pengunjung juga diperbolehkan membangun tenda sendiri. Hanya dengan membayar Rp 30.000, pengunjung sudah bisa mendapatkan izin untuk membangun tenda di pulau ini.

Lokasi dan Rute Pulau Dutungan

Pulau Dutungan terletak di Cilellang, Kecamatan Mallusetasi. Perjalanan dari Barru menuju Makassar membutuhkan waktu sekitar 2 hingga 3 jam.

Dari dermaga Tanjung Indah, perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan perahu menuju Pulau Dutungan. Pengunjung akan menempuh jarak sekitar 500-meter dengan waktu perjalanan sekitar 20 menit.

Harga tiket masuk ke tempat wisata ini bervariasi. Untuk anak-anak, tiket masuk seharga Rp. 30.000, sedangkan untuk dewasa seharga Rp. 50.000. Bagi yang ingin mendirikan tenda sendiri, akan dikenakan biaya sebesar Rp. 30.000.

Dengan biaya tersebut, pengunjung dapat menikmati keindahan pulau, bersantai di pantai, bermain dengan pasir, snorkeling, diving, menemukan spot foto yang menarik, bermain banana boat, memancing, menikmati matahari terbenam dan terbit, berkemah, bahkan menginap di Pulau Dutungan.

READ MORE :  15 Tips Liburan Ke Pantai Pangandaran: Panduan Terbaik untuk Liburan Tak Terlupakan

 

4. Air Terjun Manuba

Air Terjun Manuba

Destinasi wisata air yang selanjutnya adalah Air Terjun Manuba yang memiliki tebing tinggi dengan ketinggian sekitar 20 meter. Di bagian bawah tebing, terdapat kolam yang berwarna hijau toska yang menambah pesona tempat ini.

Air Terjun Manuba juga menawarkan keindahan alam yang dapat dinikmati oleh para pengunjung. Mulai dari pemandangan pegunungan, bukit, hingga rumah-rumah penduduk yang terlihat kecil saat dipandang dari kejauhan.

Yang menarik, di tempat ini pengunjung juga dapat bermain arum jeram mini di sekitar aliran air terjun. Cukup menyewa ban seharga Rp 10.000, pengunjung sudah bisa merasakan sensasi lain yang ditawarkan oleh Air Terjun Manuba.

Lokasi dan Rute Air Terjun Manuba

Air Terjun Manuba terletak di Dusun Manuba, Desa Manuba, Kecamatan Mallusetasi. Untuk mencapai lokasi ini, dibutuhkan waktu sekitar 3 jam perjalanan dari Kota Makassar.

Jika kamu berangkat dari jalan utama Barru, pengunjung perlu menempuh jarak sekitar 30 km. Setelah sampai di depan kantor Polsek Kiru-Kiru Soppeng Riaja, ambil jalur ke kanan untuk menuju lokasi Air Terjun Manuba.

Di tempat ini, pengunjung dapat menikmati keindahan tanpa biaya. Kamu dapat bersantai, menikmati pesona Air Terjun Manuba, mengambil foto yang estetik, bahkan berenang jika ingin.

 

5. Bukit Maddo

Bukit Maddo

Bukit Maddo merupakan salah satu destinasi wisata yang tak boleh dilewatkan saat mengunjungi Kabupaten Barru. Bukit ini menawarkan pemandangan alam yang indah dan suasana yang sejuk.

Bukit Maddo sangat cocok untuk dikunjungi oleh pecinta pendakian. Karena setelah mendaki, pengunjung dapat menikmati keindahan alam yang disuguhkan.

Selama perjalanan mendaki, pengunjung akan disuguhi pemandangan alam yang memukau.

Bagi pengunjung yang ingin berkemah, tidak perlu khawatir. Di tempat ini, tersedia tempat penyewaan peralatan berkemah yang lengkap.

Jika ingin menyaksikan matahari terbenam atau sunset, disarankan untuk datang pada sore hari sekitar pukul 17.00-18.00 WITA.

Lokasi dan Rute Bukit Maddo

Destinasi wisata Bukit Maddo terletak di Jalan Maddo, Tellumpanua, Kecamatan Tanete Rilau. Perjalanan menuju lokasi ini memakan waktu sekitar 3 jam jika berangkat dari Kota Makassar.

Untuk mencapai Bukit Maddo, pengunjung perlu mendaki sekitar 500 meter. Jalur pendakiannya cukup landai dan dapat dijangkau oleh pendaki pemula.

Di lokasi ini, tidak ada biaya masuk yang harus dikeluarkan oleh pengunjung. Kamu bebas berkemah, berfoto, dan menikmati pemandangan alam yang disuguhkan.

 

Rate this post

Also Read

Leave a Comment

x