Kelebihan dan Keistimewaan Liburan di Pulau Nusa Penida Bali

admin

Kelebihan dan Keistimewaan Liburan di Pulau Nusa Penida Bali

Apa kelebihan pulau nusa penida? Apa sekarang ini Anda sedang berencana liburan ke Bali? Tetapi, saat Anda liburan di Bali, Anda ingin pergi liburan ke tempat wisata unik di Bali . Maka saya mereferensikan Nusa Penida Tur karena mempunyai object wisata yang unik dan benar-benar menarik. Ada beberapa kegiatan liburan hebat yang dapat kamu kerjakan di Pulau Nusa Penida. Khusus di halaman ini, saya akan membuat artikel mengenai tutorial liburan ke Nusa Penida, Bali.

Pada halaman ini Anda bisa temukan info mengenai Tutorial Liburan Nusa Penida Bali misalnya:

  • Info umum mengenai Nusa Penida.
  • Keadaan alam dan peningkatan pariwisata.
  • Tempat wisata.
  • Langkah ke arah tempat wisata Nusa Penida dari Bali.
  • Beberapa barang yang perlu dibawa ketika liburan ke Nusa Penida.
  • Transportasi liburan di Nusa Penida.

Info umum mengenai Nusa Penida

Di mana lokasi Pulau Nusa Penida? Nusa Penida ialah sebuah pulau kecil di tenggara Bali, dipisah oleh Selat Padang. Di dekat pulau ini terdapat dua pulau kecil yang lain, yakni Pulau Lembongan dan Pulau Nusa Seningan. Ke-3 pulau kecil pada bagian tenggara Bali ini mempunyai ciri-ciri unik dan daya magnet tertentu, dan masing-masing mempunyai keunggulannya masing-masing. Ke-3 pulau itu termasuk dalam daerah administrasi Kabupaten Klungkung, Propinsi Bali.

Tipe Tempat Wisata Apa Saja?

Kata Nusa Penida bermakna dari bahasa Bali, Nusa bermakna pulau, dan Penida berasal dari 2 kata, Ped dan Ida. Ped bermakna kematian dan Ida bermakna kemampuan . Maka Nusa Penida dapat bermakna pulau dengan kemampuan mematikan.

Nusa Penida ialah yang paling besar dari 3 pulau dan biasanya dikenali oleh warga di tempat sebagai Nusa Besar. Besar maknanya besar. Dan Nusa Ceningan sebagai pulau paling kecil dari ke-3 pulau itu. Terutama untuk pelancong terutama Nusa Lembongan, pulau yang terpopuler untuk pelancong Australia.

Keadaan alam dan perubahan pariwisata di Nusa Penida

Keadaan alam dan perubahan pariwisata di Nusa Penida

Keadaan alam Pulau Nusagard mencakup lereng dan bukit-bukit yang dikitari lautan. Pulau ini mempunyai wilayah yang kering yang mengandung kapur yang lebih tinggi dalam tanah. Karenanya, beberapa warga di tempat pilih petani, nelayan, dan pedagang rumput laut untuk cari nafkah.

Sejak awal kali tahun 2014, industri pariwisata di Nusa Penida berkembang cepat hingga banyak menarik pelancong untuk liburan. Cepatnya perubahan pariwisata sudah mengganti mata pencarian banyak warga lokal Nusa Penida. Beberapa bekerja diakomodasi, transportasi dan restaurant.

Pariwisata di teritori ini masih lamban, dengan beberapa pelancong di Nusa Penida untuk maksud berpose dan beraktivitas wisata watersport Bali, snorkeling dan scuba diving.

Pariwisata di pulau tetangga Nusa Lembongan bahkan juga berkembang lebih cepat. Umumnya pelancong yang menyukai liburan ke Lembongan ialah pelancong yang menyenangi kegiatan wisata pantai Bali.

READ MORE :  5 Hotel Terbaik dan Mewah di Indonesia yang Akan Membuat Anda Terpesona

Tempat Wisata di Nusa Penida, Bali

Tempat Wisata di Nusa Penida, Bali

Sekarang ini bila Anda sedang liburan di Nusa Penida, Anda tidak temukan beach klub seperti teritori wisata Seminyak di Bali. Tetapi, Nusa Penida masih tetap pantas didatangi karena keelokan alamnya yang unik. Di Nusa Penida, Anda akan temukan banyak keelokan alam yang cukup unik bila dijadikan latar belakang photo.

Daya magnet wisata Nusa Penida berada pada tiga hal, yaitu;- Pantai pasir putih.

  • Panorama cantik di atas tebing tinggi.
  • Keelokan panorama bawah laut.

Pantai pasir putih di Nusa Penida

Pulau ini populer dengan tempat wisatanya yang eksotik dan unik khususnya pantai pasir putihnya seperti Pantai Atuh Nusa Penida dan Broken Beach Nusa Penida. Panorama pantai berpasir putih di Pulau Nusa Penida benar-benar cantik. Dahulu, tempat wisata pasir putih di Nusa Penida ini jarang-jarang didatangi pelancong. Karena di masa silam, tidak ada cukup jalan ke arah Pantai Putih Nusa Penida.

Tetapi sekarang perlahan-lahan, infrastruktur jalan di Nusa Penida mulai tumbuh cepat. Dengan infrastruktur jalan yang ke arah tempat wisata Nusa Penida membuat pelancong berminat untuk liburan di Pulau Nusa Penida. Bila ingin ketahui daftar pantai pasir putih di Pulau Nusa Penida yang tawarkan keelokan alam dan sepi, click link berikut ini!

Panorama cantik di atas tebing tinggi

Photo oleh Candace Smith Beberapa dataran Nusa Penida ada di atas tebing, dan panorama tebing pada bagian selatan Pulau Nusa Penida menghadap ke Samudra Hindia. Dengan langkah ini panorama laut di atas tebing benar-benar cantik, khususnya pada sore hari. Spot terkenal dengan panorama cantik Samudera Hindia di atas tebing seperti Pantai Bukit Kelingking Nusa Penida, Tebing Banah dan Tebing Saren.

Keelokan panorama bawah laut

Tempat wisata Nusagard berada pada aktivitas wisata bahari, dan semuanya orang lebih familier dengan yang bernama Bali Water Sports. Kegiatan wisata bahari yang terpopuler di Nusa Penida ialah scuba diving dan snorkeling.

Karena Pulau Nusagard dikitari oleh laut, pulau ini mempunyai teritori aktivitas wisata selam yang luas. Disamping itu, biota laut yang natural serta terawat secara baik, seperti terumbu karang dan ikan sangat jarang Mora-Mola.

Tempat Snorkeling dan Scuba Diving di Nusa Penida

Tempat Snorkeling dan Scuba Diving di Nusa Penida

Tempat terbaik untuk orang yang menyukai scuba diving dan snorkeling di Pulau Nusa Penida ialah:

  1. Point Malibu.
  2. Teluk Penida.
  3. Batu Mering.
  4. Toya Parker.
  5. Titik pari manta.
  6. Abasstone.
  7. Batu lumbung.

Tutorial Pergi ke Tempat Wisata Nusa Penida dari Bali

Tutorial Pergi ke Tempat Wisata Nusa Penida dari Bali

Nusa Penida dan Bali dipisah oleh lautan. Karena itu, ada dua langkah untuk keluar dari Bali ke Nusa Penida, dengan helikopter lewat udara atau laut dengan speedboat.

Bila Anda melancong ke Nusa Penida dari Bali, langkah terbaik dan paling murah untuk sampai ke Nusa Penida ialah lewat laut. Ada banyak tempat di Bali yang mempunyai jalur pemberangkatan dari Bali ke Nusa Penida dengan memakai kapal/speedboat. Berikut lis tempat speedboat dari Bali ke Nusa Penida:

1. Dermaga Pantai Sanur Bali ke Nusa Penida

Dengan Pujaan Kilat – Langkah Pergi Dari Sanur Ke Nusa Penida Tempat terpopuler untuk naik speedboat dari Bali ke Penida ialah dermaga pantai Sanur. Karena terdapat beberapa pilihan speedboat di dermaga pantai Sanur, dimulai dari yang biayanya murah sampai yang mahal.Di Dermaga Pantai Sanur, ada opsi untuk memakai speedboat atau perahu tradisionil/sampan.

READ MORE :  Harga Tiket Masuk Wisata Jatim Park 2 Terbaru Mulai IDR 100K

Disamping itu, lokasi Pantai Sanur benar-benar vital karena ada di teritori wisata Bali selatan . Maka bila anda ada di teritori wisata Seminyak di Bali, karena itu jarak ke Pantai Sanur cuma 16 km dan prediksi waktu tempuhnya ialah 50 menit.

Operator Speedboat Pantai Sanur

Ada beberapa operator speedboat yang tawarkan jasa penyeberangan laut dari Bali ke Nusa Penida, misalkan Maruti Kilat, Pujaan Kilat Sanur, Fast Boat Mola-Mola Kilat, Angel’s Billabong Fast Cruise dan Tamarind Kilat Fast Boat.

Jadi operator speedboat yang mana terbaik untuk berekreasi ke Nusa Penida. Menurut saya individu, servis yang diberi untuk semua operator speedboat di Sanur hampir serupa, penting diingat waktu pemberangkatan speedboat akan disamakan waktu Anda.

2. Dermaga Bali Gempuran ke Nusa Penida

Fast Boat Gili Getaway sebagai salah satunya dermaga penyeberangan di teritori wisata Bali selatan yakni Dermaga Gempuran. Lokasi Dermaga Gempuran dekat sama Dermaga Benoa. Beberapa operator speedboat di Dermaga Gempuran tawarkan service transit ke Nusa Penida seperti Gili Getaway. Tetapi, beberapa operator speedboat di dermaga Gempuran tawarkan service speedboat dari Bali ke BaliGili Trawangan dan Lombok, Nusa Tenggara Barat. [/H4]

Jarak tempat wisata Kuta di Bali ke Dermaga Gempuran lebih dekat dibanding Pantai Sanur. Dari teritori pantai Kuta di Bali ke arah Dermaga Gempuran tempuh jarak 14 km dengan waktu pintas 30 menit.

Penyeberangan tepian di Dermaga Gempuran makin menarik untuk mereka yang memprioritaskan kenyamanan dan harga ticket feri second speed. Karena Dermaga Gempuran memakai design khusus dermaga Fast Boat, karena itu banyak memiliki sarana dermaga. Penumpang tidak butuh kaki basah saat naiki speedboat, ada restoran, dan ada ruangan tunggu penumpang yang nyaman.

3. Dermaga Padang Pai, Karangasem

Padang Bai Karangasem, bila ingin liburan ke Gili Trawangan populer dengan speed boat dengan biaya murah. Dermaga Padang Bai sediakan service transit ke Pulau Nusa Penida memakai kapal feri besar (kapal Roro Nusa Jaya Kekal) yang bisa membawa kendaraan Anda. Waktu melaut ialah 1 jam dan kapal akan bertambat di dermaga khusus Penida.

Beberapa pelancong yang pergi dari dermaga Padang Bai ke arah Nusa Penida karena berkunjung di teritori wisata Bali timur seperti Amed, Tulamben, Candidasa. Bila warga di tempat berkendaraan melewati tepian, mereka memutuskan untuk pergi dari Dermaga Padang Bai di Karangasem.

4. Dermaga Tribuana Pantai Lusuhba Klungkung

Nusa Penida ialah daerah administrasi kabupaten Klungkung, dan warga di Klungkung memutuskan untuk naik speedboat di dermaga Tribuana di Pantai Lusuhba Klungkung saat melalui Nusa Penida. Karena lokasi dermaga Tribuana Lusuhba lebih dekat sama rumah mereka dan ticket speedboat tambah murah di dermaga Tribuana Lusuhba.

Selainnya warga lokal Klungkung, pelancong yang bermalam di teritori wisata Ubud memutuskan untuk menyeberang dari Pantai Tribuana Lusuhba.

Operator speedboat di dermaga Tribuana Lusuhba

Ada 3 operator speedboat yang tawarkan pelayaran ke Nusa Penida dari dermaga Lusuhba seperti Fast Boat Sekar Jaya, Gangga Kilat dan Bukit Sebrang. Waktu pintas dari Pantai Lusuhba ke arah Nusa Penida ialah 1 jam dan speedboat akan stop di dermaga Toya Pakeh atau Sampalan.

Ticket speedboat WNI di Dermaga Lusuhba dibanderol harga Rp. 50.000/orang untuk 1 kali transit. Dan agar pelancong luar negeri, biaya speedboat ke Pantai Lusuhba ialah Rp. 100.000 per-orang sekali jalan.

READ MORE :  Harga Tiket Masuk Kolam Renang Dira Kencong Jember

Yang Wajib Dibawa saat Liburan Nusa Penida

  • Payung/topi dan kacamata. Cuaca di Nusa Penida lebih panas dari Bali. Maka janganlah lupa bawa topi, kacamata hitam dan payung. Yang terbaik ialah menggunakan tirai surya untuk menghindar dari kulit Anda kebakar dari panas matahari.
  • Uang kontan. Sarana ATM dan tempat yang terima pembayaran kartu credit masih tetap terbatas di Nusa Penida. Karena itu, sebaiknya Anda bawa uang kontan waktu liburan di Nusa Penida, Bali.
  • Pakaian renang dan kacamata. Nusa Penida populer dengan pantainya yang cantik, apabila Anda ingin berenang, sebaiknya Anda bawa pakaian renang dan kacamata renang. Perlengkapan snorkeling tidak butuh dibawa karena banyak tempat untuk sewa perlengkapan snorkeling di Nusa Penida.
  • Pakai sandal hiking. Beberapa jalan di tempat wisata Nusa Penida masih tetap berbatu, hingga menggunakan sandal hiking ialah opsi terbaik untuk alas kaki. Saat Anda ada di pantai dengan memakai sandal hiking, Anda tidak takut sepatu Anda basah atau terserang pasir.
  • Sebuah handphone dengan penyisihan data yang cukup. Sepanjang liburan di Nusa Penida, Anda akan memercayakan Google Maps, menjadi pastikan paket data Anda memenuhi. Di sejumlah daerah Nusa Penida akses internet akan lamban atau Anda tidak terima signal. Kami merekomendasikan Anda simpan peta Google Nusa Penida secara off-line di handphone Anda.

Transportasi Wisata Liburan Nusa Penida

Transportasi Wisata Liburan Nusa Penida

Angkutan umum di Nusa Penida sekarang ini belum ada, hingga mobil individu jadi opsi. Mobil individu, mobil atau sepeda motor. Pulau ini relatif besar, dan memerlukan waktu sekitaran 1 jam untuk bersepeda motor dari ujung timur ke ujung barat pulau.

1. Rental Sepeda Motor

Memperoleh jasa rental sepeda motor di nusa penida sangat gampang karena anda akan temukan banyak penyuplai jasa rental sepeda motor sesampai di dermaga nusa penida. Sewa motor di Nusa Penida sekarang ini dibanderol harga Rp 75.000/24 ​​jam (tanpa bahan bakar). Anjuran saya ialah Anda selekasnya isi bahan bakar bak sepeda motor Anda di dermaga. Karena sekarang ini SPBU di Nusa Penida masih terbatas.

Saat sebelum Anda memilih untuk lakukan perjalanan wisata motor di Nusa Penida, sebaiknya untuk menyaksikan keadaan jalan di Nusa Penida sekarang ini. Sekarang ini jalan ke arah beberapa tempat wisata belum sebaik yang berada di Bali. Maka Anda harus mempunyai ketrampilan memakai sepeda motor saat melalui jalan yang curam dan rusak. Bila Anda merasakan tidak nyaman memakai sepeda motor, seharusnya tentukan jasa rental mobil dengan pengemudi.

2. Rental Mobil (Driver + BBM)

Opsi transportasi lain untuk liburan Anda di Nusa Penida ialah memakai jasa rental mobil dengan pengemudi, telah termasuk BBM. Sewa Toyota Avanza di Nusa Penida dengan pengemudi + BBM Rp 550.000. Sama dengan memakai sepeda motor, perjalanan Anda tetap tidak nyaman karena keadaan jalan yang jelek di sejumlah tempat. Tetapi minimal sopir yang Anda pakai tahu banyak mengenai keadaan jalan di Pulau Nusa Penida.

F.A.Q

Adakah taksi online atau taksi seperti Grab di Nusa Penida? Service taksi online seperti Grab tidak ada di Nusa Penida.

Rangkuman Tutorial Liburan Nusa Penida

Bila disaksikan dari ukuran pulaunya, bila dibanding Pulau Nusa Lembongan dan Pulau Nusa Ceningan, Nusa Penida semakin lebih besar. Maka bila ingin menelusuri banyak wilayah di Pulau Nusa Penida, satu hari tidaklah cukup. Liburan di Nusa Penida minimum tiga hari lama waktunya apabila ingin menelusuri Pulau Nusa Penida harus bersiap-siap. Jalan di Nusa Penida tidak sebaik di Bali. Maka siapkan diri Anda untuk melalui beberapa jalan yang curam dan rusak. Untuk yang masih belum terlatih memakai sepeda motor di jalan rusak, seberang jalan di Nusa Penida menjadi rintangan tertentu.

Hanya itu Tutorial Liburan Nusa Penida. Bila Anda mempunyai pertanyaan mengenai liburan Anda ke Pulau Nusa Penida, tulis di kotak komentar di bawah.

Agar halaman ini tidak begitu panjang, karena itu saya akan menulis di halaman lain mengenai tutorial liburan itinerary liburan ke nusa penida, tempat wisata di nusa penida, aktivitas liburan di nusa penida, dan lain-lain.

Rate this post

Also Read

Leave a Comment

x